belum ada judul

xxx

Satu Lagi Prestasi Di Ukir 09.01

Memendam Bakat Mendulang Prestasi

Pulung, Desy Cahyaning Wulan, Nama yang cukup pas dengan wajahnya yang masih polos, anggun dan yang pasti cantik, secantik prestasi yang diraihnya sebagai juara lomba maca Geguritan (harapan I) tingkat SMP Se-Kabupaten Ponorogo yang diadakan oleh MGMP Bahasa Jawa Kabupaten Ponorogo.

Lomba ini diikuti oleh ratusan pelajar tingkat SMP. Setiap peserta wajib menunjukkan kebolehanya didepan juri. Dari ratusan peserta, siswa yang kelas VIII C SMP Negeri 3 Pulung ini ternyata mampu memikat dewan juri sehingga menempatkannya pada posisi 10 besar, lewat persaingan yang ketat akhirnya meraih predikat sebagai juara harapan I, dan berhak menerima piala serta piagam dari Bupati Ponorogo, yang waktu itu diserahkan langsung oleh Bapak Wakil Bupati Ponorogo.

Penilaian dalam lomba ini meliputi : Penguasaan tehnik vokal (lafal dan Pedhotan), Interpretasi, penjiwaan serta penampilan. Dengan adanya lomba ini tentunya diharapkan akan menumbuhkan kecintaan terhadap seni budaya Jawa. Selain itu , wahana berkompetisi bagi pelajar yang berbakat untuk lebih menggali bakat yang dimiliki.

Disinyalir remaja masa kini cenderung condong berpola hidup kebarat-baratan. Yang dianggap lebih modern dan penuh warna. Padahal secara tidak langsung, ini bertolak belakang adat-istiadat ketimuran. Karenanya , sisi kebudayaan yang selama ini redup harus kembali diberdayakan. Caranya, ya lewat event-event seperti ini.


Saat penulis mencoba bertanya tentang kesan yang didapat saat mengikuti lomba ini , anak yang penampilanya serba polos ini ….Cuma tersenyum….senyuman yang menunjukkan beribu makna. ……… selamat atas prestasinya !!!! semoga temen-temen yang lain menyusul untuk berprestasi demi nama baik SMP Negeri 3 Pulung.

Diposting: By OSIS SMPN 3 Pulung 2009.

0 komentar: